Waspada Gejala Sakit Ginjal Pada Wanita yang Tak Boleh Diremehkan

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia pasti pernah merasakan sakit hingga membuat badan lemas tak berdaya. Sebagian besar orang biasanya cepat tanggap apabila tubuh diserang penyakit, namun tidak jarang juga meremehkan rasa sakit karena yakin akan segera sembuh tanpa diobati. Ya, hingga kini masih banyak orang yang tak sadar mengidap sakit yang mengancam jiwa hingga akhirnya bisa berujung kematian.

Tak terkecuali penyakit ginjal yang memiliki gejala khusus yang kerap diremehkan oleh penderitanya. Pakar kesehatan menilai masih banyak orang Indonesia yang abai terhadap penyakit yang menyerang organ penting dalam tubuh ini. Rata-rata disebabkan karena ketidaktahuan masyarakat tentang gejala penyakit berbahaya tersebut.

Menurut penelitian, lebih dari 26 juta orang dewasa di Amerika Serikat hidup dengan penyakit ginjal. Dilansir dari National Kidney Foundation, dari sekian banyak orang dengan penyakit ginjal, hanya 10 persen yang menyadarinya.

Penyakit memang tidak pernah memandang usia, kelas sosial, maupun gender seseorang. Begitu juga dengan penyakit ginjal yang rupanya juga menyerang wanita dengan gejala khusus yang berbeda dari yang diderita pria. Secara umum, perbedaan gejala sakit ginjal pada wanita dan pria memang tidak begitu banyak.

Namun, gejala sakit ginjal yang menyerang wanita biasanya tidak jauh dari organ khusus kewanitaan seperti menstruasi yang tidak teratur, komplikasi kehamilan, disfungsi seksual, dan yang lainya. Sementara itu, dilansir dari boldsky.com, saat ini 7 dari 10 wanita diam-diam menderita batu ginjal. Oleh karena itu, untuk mewaspadai gejala sakit ginjal pada wanita, selengkapnya Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019).

2 dari 3 halaman

Gejala Sakit Ginjal Pada Wanita

Penyakit Ginjal Polikistik – KlikDokter.com (Alila Medical Media/Shutterstock)

1. Menstruasi tidak teratur

Menstruasi adalah hal yang umum terjadi pada wanita. Wanita mengalami siklus menstruasi setiap 30 hari selama kurang lebih 7 hari. Namun, jika kamu atau teman wanita di sekitarmu mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, kamu perlu mewaspadai kemungkinan terkena penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan menstruasi tidak teratur adalah salah satu gejala sakit ginjal kronis yang mungkin diderita wanita.

Gejala ini ditandai dengan keluarnya darah saat menstruasi secara berlebihan. Selain itu, seseorang yang tidak mengalami menstruasi sama sekali ataupun siklus menstruasi yang terlalu sering juga merupakan gejala sakit ginjal kronis yang perlu diwaspadai.

2. Komplikasi Kehamilan

Wanita yang menderita sakit ginjal biasanya ditandai dengan komplikasi kehamilan atau masalah kehamilan seperti sulit untuk hamil. Namun, hal ini biasanya terjadi pada level sakit ginjal yang sudah kronis. Meskipun kemungkinan untuk hamil tetap ada, penderita berisiko tinggi mengalami tekanan darah tinggi ataupun persalinan prematur.

3. Disfungsi Seksual

Jika seorang wanita kehilangan minat terhadap hubungan seks, bisa jadi dia terkena gejala sakit ginjal. Kondisi ini disebabkan oleh faktor emosional, fisik, dan psikologis yang diakibatkan penyakit ginjal.

4. Infeksi pada saluran kemih

Salah satu gejala sakit ginjal pada wanita adalah terjadinya infeksi pada saluran kemih. Infeksi yang berulang dapat menyebabkan seorang wanita untuk terkena penyakit ginjal. Biasanya hal ini disebabkan oleh kuman penyebab infeksi yang menyerang saluran kemih. Kuman yang dibiarkan tanpa diobati tersebut akan berpindah dari saluran kemih ke ginjal yang kemudian akan menyebabkan penyakit ginjal.

5. Depresi

Studi menunjukkan bahwa satu dari empat wanita yang menjalani dialisis akibat sakit ginjal ternyata positif mengalami depresi setelah dilakukan skrining kejiwaan. Hal ini kemudian menunjukkan bahwa depresi juga menyumbang gejala penyakit ginjal yang diderita wanita. Oleh karena itu, hindari depresi agar fungsi ginjal tetap berjalan dengan normal.

3 dari 3 halaman

Makanan yang Menyehatkan Ginjal

Ilustrasi kulit sehat karena makanan (iStockphoto)

Untuk mencegah penyakit ginjal menghampiri tubuh, berikut makanan yang menyehatkan ginjal seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019).

1. Paprika Merah

Selain rendah potassium dan kaya vitamin A, C, B6, asam folic dan serat, paprika juga mengandung banyak licopene yang menjauhkan tubuh dari risiko terserang kanker. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk konsumsi paprika merah dalam bentuk salad agar mendapatkan manfaat sehatnya.

2. Apel

Apel kaya akan zat anti inflammatory, serat, dan vitamin. Apel bisa menurunkan kolesterol dan melancarkan pencernaan. Selain itu apel juga sangat efektif menjaga kesehatan. Dimakan dalam bentuk apapun apel sangat sehat untuk tubuh. Mulai sekarang biasakan makan apel minimal sebuah dalam sehari yuk.

3. Ikan

Mengonsumsi ikan tiga kali dalam seminggu akan menurunkan level kolesterol dalam darah. Selain itu kandungan omega 3 dan anti oksidan di dalamnya bisa mencegah kanker. Masak ikan dengan dikukus atau dibakar untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

4. Putih Telur

Putih telur adalah sumber protein yang sangat tinggi dan mudah terasimilasi dengan tubuh. Selain itu putih telur juga rendah potasium. Masukkan putih telur dalam menu makananmu setiap hari untuk merasakan manfaatnya untuk ginjal.

Reporter: Yunisda Dwi Saputri