Siswi Sekolah Perkumpulan Mandiri Berjaya di Ajang Bergengsi USA

Liputan6.com, Jakarta Tiga orang siswi dari Sekolah Perkumpulan Mandiri (SPM) melenggang ke ajang Tournament of Champions di Yale University, USA, pada akhir 2018. Renee Leo, Ilona Pasha, dan Metsha Sianipar yang masih duduk di kelas 9 dinyatakan memenuhi syarat di Tim Junior

Sebelum ke Negeri Paman Sam, mereka terlebih dulu berkompetisi di Melbourne Global Round pada Agustus 2018.

Dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa, 29 Januari 2019, mereka bercerita banyak tentang pengalaman mengikuti kompetisi tersebut.

Sebelum komptisi dimulai, para peserta melakukan Scholar’s Scavenge yang mengharuskan Renee, Ilona, dan Metsha bergabung dengan peserta dari sekolah lain di seluruh dunia guna menuntaskan tugas yang diberikan.

“Kita perkirakan itu musim gugur. Tak tahunya, musim dingin datang lebih cepat. Kami pun harus bersahabat dengan badai salju. Kebetulan juga waktu itu berdekatan dengan hari libur Thansgiving,” kata Ilona.

2 dari 2 halaman

Mengelilingi Boston

Sementara Renee, mengaku tak sabar untuk segera berkompetisi. Tantangan pertama itu pun berhasil mereka lalui, karena ajang tersebut menjadi kesempatan bagi mereka bertemu dan berkolaborasi dengan murid lainnya.

“Kompetisi yang kami ikuti itu terdiri dari debat tim, penulisan ilmiah, dan Scholar’s Bowl. Kami juga diberikan kesempatan memperkenalkan sekolah dan bugaya di Cultural Fair,” katanya.

Tak hanya itu, di kesempatan ini para peserta juga berkesempatan mengunjungi Boston untuk belajar sejarah singkat AS serta melakukan tur di kampus MIT dan Universitas Harvard. Para peserta berkomunikasi dengan para mahasiswa tentang kehidupan sebagai mahasiswa di kampus-kampus itu.