Selain Durian J-Queen, Ada Jenis Lain yang Harganya Selangit

Liputan6.com, Thailand Masyarakat tengah heboh dengan kehadiran durian J-Queen seharga Rp14 juta yang dijual di Supermarket Plaza Asia, Tasikmalaya. Durian langka yang hanya mampu dibeli oleh kalangan tertentu ini harganya termasuk sangat mahal.

Bukan hanya J-Queen saja, ada juga jenis durian dari negara lain yang harganya selangit. Bahkan di Thailand pernah ada pelelangan durian. Durian yang dilelang pun harganya fantastis.

Pada tahun 2017, durian Kanyao dilelang di Nonthaburi, Thailand. Pelelangan bertujuan mengumpulkan dana bagi sebuah panti asuhan di distrik Pak Kret. Kanyao adalah rajanya durian di Thailand dan termasuk varietas termahal.

Harga Kanyao pada tahun 2016 paling mahal sebesar 210.000 baht atau setara Rp93,5 juta. Pemilik restoran Ban Bang Khen, Sompong Pisankitvanich, menawarkan tawaran tertinggi untuk durian Kanyao. Sebagaimana dilansir Bangkok Post, Minggu, 27 Januari 2019, Kanyao berhasil dilelang seharga 2,05 juta baht (Rp91,3 miliar).

Durian Kanyao ditanam oleh Somnuek Hanjaithai. Ia menanam sekitar 1.000 durian Kanyao di Bang Rak Noi, distrik Muang. Somneuk dikenal sebagai penghasil durian terbaik di Thailand.

Lebih dari 90 persen durian milik Somneuk dipesan banyak klien. Sebagian besar klien adalah pejabat senior dan berpenghasilan tinggi. Mereka ingin menikmati buah dengan tekstur ringan dan aroma durian yang sangat harum.

Provinsi Nonthaburi dikenal sebagai salah satu lokasi terbaik untuk menanam durian. Tanahnya subur dan dialiri air dari sungai Chao Phraya.

Simak video menarik lain berikut ini:

2 dari 2 halaman

Durian Volcano

Ada juga durian Volcano yang harganya selangit. (AFP)

Pelelangan durian Volcano matang pertama pada tahun 2018 di provinsi Si Sa Ket, Thailand sebesar 150.000 baht ($6.260 atau setara Rp 66,84 juta).

Lelang dilakukan saat kantor distrik tersebut menggelar acara pekan raya buah tahunan. Durian Volcano ini dianggap masyarakat setempat sebagai raja buah yang akan membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi mereka yang memakannya.

Penawar tertinggi adalah pemilik pabrik tepung tapioka, Iam Siri. Itu adalah penawaran tertinggi untuk durian yang dilelang di provinsi tersebut.

Gubernur Si Sa Ket, Thawat Srabal mengatakan durian dari Kantharak memiliki keunikan dari segi rasa. Ini karena durian Volcano ditanam di tanah yang mengandung kalium dari letusan gunung berapi. Itulah sebabnya durian yang dihasilkan dikenal dengan nama durian Volcano.

Tekstur durian ini garing di bagian luar dan lembut di dalam. Rasanya manis dan baunya tidak terlalu menyengat, dilansir dari Asia One.