Sebelum Meninggal Ronaldikin Sakit Infeksi Paru, Apa Penyebabnya?

pikiran rak Ronaldikin, sang Ronaldinho KW asal Indonesia meninggal dunia di RS Al Ihsan Bandung Jawa Barat pada Selasa, 22 Januari 2019.

Menurut pemaparan keluarga, sebelum meninggal Ronaldikin dikabarkan sakit infeksi paru.

Lalu, apa itu infeksi paru?

Infeksi paru juga disebut pneumonia. Gangguan kesehatan seperti infeksi paru dapat menyerang siapa saja, mulai dari dewasa, anak-anak, serta orang yang sebelumnya telah memiliki penyakit tertentu.

2 dari 2 halaman

Penyebab infeksi paru

Ilustrasi Paru (iStockphoto)

Penyebab infeksi paru bisa karena berbagai mikroorganisme. Penyebab terseringnya adalah bakteri (S.pneumonia, H.influenza, S.aureus, P.aeruginosa, M.tuberculosis, M.kansasii, dan sebagainya), namun dapat juga disebabkan oleh jamur (P.carinii, C.neoformans, H.capsulatum, C.immitis, A.fumigatus,dan sebagainya), protozoa (toksoplasma) serta virus (CMV, herpes simpleks) seperti disampaikan dokter Alvin Nursalim dari Klikdokter dilansir Selasa (22/1/2019).

Kuman penyebab biasanya berbeda di antara satu daerah dengan daerah lainnya, juga berkaitan dengan interaksi faktor-faktor terjadinya infeksi, cara terjadinya infeksi serta perubahan keadaan pasien seperti gangguan sistem imun, adanya penyakit kronik, polusi lingkungan dan juga penggunaan antibiotik yang tidak tepat.

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri (kuman) yang menyerang paru-paru anak. Pemeriksaan yang biasanya dilakukan adalah pemeriksaan rontgen, dapat juga kultur untuk melihat terdapat bakteri apa, serta pemeriksaan darah lengkap.