Orang Gampang Kena Flu Saat Musim Hujan, Waspadai Faktor Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Flu menjadi penyakit yang kerap menghantui seseorang saat musim hujan tiba. Masyarakat di Indonesia umumnya percaya mitos bahwa hujan dapat mengakibatkan orang kena flu. Namun, benarkah seperti itu?

Influenza atau flu merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Pada dasarnya, kita dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi pada beberapa orang, flu justru dapat mengakibatkan kematian karena terjadinya komplikasi. 

Berdasarkan penelitian National Institutes of Health’s Fogarty International Center, hujan bukan penyebab seseorang bisa kena flu.

Menurut penelitian tersebut, orang bisa sampai menderita flu disebabkan sejumlah faktor, yaitu ketika musim dingin daya tahan virus lebih kuat karena tingkat kelembaban rendah, penularan virus melalui udara, dan kurangnya paparan sinar matahari juga berpengaruh terhadap penurunan daya tahan tubuh.

2 dari 2 halaman

Penularan Flu

Ilustrasi Sakit Flu dan Demam (iStockphoto)

Penularan virus influenza berawal saat seseorang batuk, bersin, dan bicara. Udara yang terinfeksi tersebut dapat menular ke orang lain dengan media udara, menggunakan barang-barang secara bersama dan kemudian berpindah ke tangan, mata, hidung atau mulut.

Gejala dari infeksi virus influenza dapat langsung dirasakan atau dapat tertunda hingga 10 hari setelah terinfeksi. Orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah dapat dengan mudah tertular virus influenza.

Berikut cara-cara agar terhindar dari penyakit flu:

1. Cuci tangan

Penyebaran virus dapat terjadi melalui tangan. Risiko tertular flu akan semakin besar jika tidak mencuci tangan, karena virus dapat masuk ke dalam tubuh saat menyentuh hidung atau mulut. Sebaiknya cucilah tangan dengan sabun dengan benar.

2. Bersin menggunakan lipat siku

Saat bersin, mayoritas manusia menggunakan tangan untuk menutup hidung atau mulut dengan tangan, namun hal tersebut bukan cara yang benar. Gunakanlah lipat siku Anda untuk menutup hidung atau mulut saat bersin, agar telapak tangan Anda tidak terkontaminasi virus.

3. Gunakan masker

Masker ternyata dapat membantu kita agar terhindar dari flu. Gunakan masker hingga menutup sempurna bagian mulut dan hidung. Sebaiknya masker digunakan saat berada di jalan atau di tengah keramaian.

4. Cuci tangan pakai sabun

Mencuci tangan dengan air dan sabun lebih baik dibandingkan menggunakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer. Meski begitu, cairan pembersih tangan bisa membantu membersihkan tangan dari kuman di saat-saat tertentu.

Gunakan cairan pembersih yang berbahan dasar alkohol dan gosokkan pada tangan selama 30 detik supaya hasilnya maksimal.

5. Hindari menggunakan barang bersamaan

Virus influenza dapat menular lewat barang yang dipegang atau digunakan oleh orang, untuk itu hindari penggunaan barang secara bersamaan agar terhindar dari penyakit flu.

Penulis : Siti Nurhaifa