Obati Patah Hati Pakai Teh, Mau Coba?

Liputan6.com, California, Amerika Serikat Herbal kini banyak dilirik orang untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, entah itu fisik atau emosional. Memang herbal sudah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun. Bahkan patah hati saja bisa ‘diobati’ dengan herbal. Salah satu bahan yang digunakan itu kelopak bunga mawar lho.

Seorang Medical Herbalist Paula Grainger dan jurnalis yang juga Konsultan Nutrisi Karen Sullivan dalam bukunya berjudul Infuse: Herbal Teas to Cleanse Nourish And Heal menuliskan ada banyak cara untuk menyiapkan dan menggunakan herbal, dan teh herbal termasuk yang cepat dan mudah dibuat serta diminum.

Grainger yang juga anggota National Institute of Medical Herbalists menuliskan teh bisa menjadi pilihan untuk mengobati patah hati.

“Waktu memang pengoba terbaik, tapi herbal bisa sangat membantu selama bersedih. Hawthorn, rose, dan heartsease bisa membuat hati nyaman, sementara wood betoniera membantu Anda meraih kembali perspektif Anda. Albizia dan lemon balm akan meningkatkan mood Anda,” tulis wanita yang berpraktik di Santa Cruz, California.

Menurutnya, salah satu hal yang paling disukai dari herbal itu adalah mereka bekerja di tubuh dan pikiran, dan kebanyakan emosional bisa disembuhkan semudah kondisi fisik. 

Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Resep teh untuk obati patah hati

Grainger berbagi resep teh untuk Anda yang sedang patah hati, apa saja bahan yang dibutuhkan? Ada beberapa bahan yang digunakan. (iStockphoto)

Grainger berbagi resep teh untuk Anda yang sedang patah hati, apa saja bahan yang dibutuhkan? Ada beberapa bahan yang digunakan.

Misalnya saja heartsease, yang dikenal dengan wild pansy dan sudah digunakan secara tradisional untuk meningkatkan metabolisme yang baik, dan mengurangi kelelahan fisik serta emosional. Ini juga pemulihan alami yang luar biasa untuk bisa tidur nyenyak.

Sementara hawthorn berries yang termasuk keluarga mawar yang digunakan untuk mendukung fungsi jantung dan sistem kardiovaskular. Sedangkan albizia dikenal dengan pohon kebahagiaan yang digunakan untuk memulihkan kecemasan, depresi, dan gejala stres.

Lemon balm juga bisa untuk memperbaiki mood dan mengobati stres atau tertekan. Wood betony termasuk herbal untuk mengatasi sakit kepala dan neuralgia. Rose petal untuk sakit perut atau tenggorokan, juga membuat hati nyaman ketika sedang sedih.

Berikut resep teh untuk patah hati

  • 1 sendok teh dried hawthorn berries (Crataegus laevigata)
  • 1/2 Sendok teh dried albizia bark (Albizia julibrissin)
  • 300 ml air filter1 Sendok teh dried atau fresh lemon balm (Melissa officinalis)
  • 1/2 Sendok Teh dried wood betony (Stachys betonica)
  • 1/4 Sendok Teh dried rosebuds atau petals (Rosa damascena)
  • 1/4 Sendok Teh dried heartsease (Viola tricolor)Madu untuk perasa (pilihan)

Caranya:

Masukkan hawthorn berries dan dried albizia bark ke dalam panci yang berisi air, rebus dengan api kecil dan didihkan hingga 5 menit. Angkat panci dan tambahkan sisa bahan lainnya. Tutup panci dengan penutup dan biarkan selama 10 menit. Saring ke dalam cangkir dan tambahkan sedikit madu jika Anda suka.