Merokok di Mobil Sambil Bawa Anak, Siap-Siap Kena Denda Rp140 Juta

Liputan6.com, Indiana, Amerika Serikat Merokok di mobil sambil membawa anak dapat dikenai denda $ 1.000 atau setara Rp14 juta. Peraturan ini adalah Rancangan Undang-Undang (RUU) Indiana, Amerika Serikat, yang baru saja diusulkan. 

RUU Indiana Nomor 34 ini berisi denda merokok di dalam mobil dengan membawa anak di bawah usia enam tahun, yang termasuk tindak kejahatan, sesuai dilansir dari Fox 8 Cleveland, Senin, 28 Januari 2019. 

RUU ini diperkenalkan Senator Negara Bagian Indiana, Jim Merritt dan Eddie Melton. Mereka menyebut, seseorang yang melakukan tiga pelanggaran dalam periode 12 bulan bisa didenda $ 10.000 (Rp140 juta).

Anggota parlemen Indiana sedang mempertimbangkan RUU. Jika disahkan menjadi undang-undang, RUU ini akan berlaku efektif Juli 2019.

Jika disahkan, Indiana akan menjadi negara ke-10 yang mengeluarkan undang-undang larangan merokok sambil membawa anak di dalam mobil, dilansir dari The Indy Channel

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Paparan asap di dalam mobil

Efek paparan asap rokok di dalam mobil. (iStock)

Kehadiran UU di atas didorong paparan asap rokok, baik anak-anak maupun orang dewasa di mobil sangat berbahaya. Setiap orang harus didorong untuk tidak merokok di dalam kendaraan. 

Paparan ini berbahaya bagi kesehatan, khususnya anak-anak yang tubuhnya lebih kecil dan menghirup volume udara yang lebih besar, menurut American Nonsmokers ‘Rights Foundation.’

Ketika seseorang merokok di ruang tertutup, seperti di mobil atau kendaraan lain, orang menghirup udara beracun dalam kadar berkali-kali lebih tinggi, bahkan saat jendela dibuka. 

Selain itu, gas dan partikulat asap tembakau menyerap ke dalam pelapis dan permukaan lain di dalam mobil. Kemudian menguap kembali ke udara dari waktu ke waktu. Hal ini membuat penumpang tetap terekspos asap rokok.

3 dari 3 halaman

Negara bagian AS pembuat UU larangan merokok di mobil

Ada negara bagian AS lain yang membuat UU larangan merokok di dalam mobil. (iStockphoto)

Berdasarkan American Nonsmokers ‘Rights Foundation’ sembilan negara bagian Amerika Serikat yang membuat  UU larangan merokok di mobil sambil membawa anak, sebagai berikut:

  1. Arkansas (Untuk anak di bawah 14)
  2. Maine (Untuk anak di bawah 16 tahun)
  3. Utah (Untuk anak di bawah 16 tahun)
  4. California (Untuk anak di bawah 18 tahun)
  5. Oregon (Untuk anak di bawah 18 tahun)
  6. Vermont (Untuk anak di bawah 9 tahun)
  7. Louisiana (Untuk anak di bawah 13 tahun)
  8. Puerto Riko (Untuk anak di bawah 18 tahun)
  9. Virginia (Untuk anak di bawah 8 tahun)