Mengenang Paman Dolit, Sosok Jenaka di Era Generasi 90-an

Liputan6.com, Jakarta Sambil mengenakan topi berwarna-warni, kacamata, syal, dan hidung besar, Paman Dolit asyik bernyanyi dan berjoged. Didampingi anak bernama A’an, Paman Dolit ikut bernyanyi lagu, ‘Burung Hantu.’

Matahari terbenam. Hari mulai malam. Terdengar burung hantu, suaranya merdu. Kukuk… kukuk… kukuk… kukuk…

Mochamad Syafi Saleh, sosok di balik karakter Paman Dolit tampil lucu dalam video lagu ‘Burung Hantu.’ Pada lagu tersebut, Paman Dolit memperkenalkan burung hantu, yang kerap muncul setelah matahari terbenam.

Paman Dolit termasuk tokoh pencerita karakter yang populer di era 90-an. Lewat lirik-lirik lagu, Paman Dolit menyebarkan pesan-pesan manis. Sebut saja lagu berjudul, ‘Jangan Bolos Sekolah.’ 

Pada awal video, Paman Dolit rupanya berjumpa dengan beberapa anak sekolah yang bolos sekolah. Paman Dolit pun memberitahu untuk jangan bolos sekolah. Ada juga lagu lain Paman Dolit berjudul, ‘Gelang Sipatu Gelang.’

Karakter Paman Dolit yang melekat di hati generasi 90-an akan menjadi tetap dikenang. Syafi Saleh, si Paman Dolit, mengembuskan napas terakhir  pada Minggu, 20 Januari 2019 siang di Jakarta.

Simak video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Belajar bersama Paman Dolit

Belajar bersama Paman Dolit. (Paman Dolit Official)

Seiring berjalannya waktu, karakter Paman Dolit tergerus zaman. Sosok jenaka itu pun tidak lagi tampil di layar kaca. 

Meski tidak lagi tampil di layar kaca, rupanya Paman Dolit muncul di channel akun Youtube. Dari pantauan Health Liputan6.com, akun channel Youtube bernama ‘Paman Dolit Official’ menampilkan sosok dirinya.

Namun, penampilan pun bukan lagi menyanyikan lagu, melainkan video program ‘Belajar bersama Paman Dolit.’ Melalui program tersebut, Paman Dolit mengajak anak-anak belajar mengenal huruf dan angka.

3 dari 3 halaman

Meninggal di rumah kos

Paman Dolit meninggal di rumah kosnya. (Twitter @pamandolitreal)

Kabar duka meninggal Paman Dolit juga dikonfirmasi Dhani Widjanarko atau yang akrab disapa Dhani Pete. Dhani adalah mantan manajer Gigi yang kini tengah berfokus pada promotor Pos Entertainment. 

Ia menyampaikan, Syafi meninggal dunia di rumah kosnya. Kenangan Paman Dolit juga melekat di benak Dhani Pete. Dhani mengenang masa-masa dirinya bersama mendiang Syafi Saleh. 

Selain tampil sebagai Paman Dolit, Syafi Saleh juga cukup aktif di Pos Entertainment.

“Saya bersama dia di Doctor Dolittle Lab. Dari tahun 1982 dan mendirikan Paman Dolit… Dia freelancer, tapi ya statusnya lebih seperti sahabat yang selalu banyak memberikan masukan kreatif yang aneh-aneh,” kenang Dhani.