Makin Tua, Lakukan Olahraga yang Tepat Sesuai Usia

Liputan6.com, Jakarta Olahraga bisa dilakukan semua orang di semua usia. Namun, tentunya dalam setiap tahapan perkembangan manusia, latihan fisik juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Hal ini karena tubuh tetap memiliki batasannya seiring dengan berjalannya waktu. Karena itu, mengutip Medical Daily pada Senin (21/1/2019), ada beberapa tips jenis olahraga yang sesuai dengan usia Anda.

1. Usia remaja dan 20-an

Ini adalah periode di mana Anda berada dalam puncak kondisi fisik. Sehingga, lakukanlah olahraga dan jangan menahan diri untuk mencari tantangan. Ahli kebugaran menyatakan bahwa usia ini adalah saat yang tepat seseorang meletakkan fondasi dengan kombinasi latihan aerobik dan latihan kekuatan.

Beberapa olahraga yang disarankan misalnya latihan beban, tenis, hiking, dan lain-lain. Lakukan paling tidak dua hari dalam seminggu.

2 dari 5 halaman

2. Usia 30 dan 40-an

Meningkatnya gaya hidup sehat yang dilakukan generasi milenial sedikit banyak karena pengaruh media sosial. (iStockphoto)

Fisioterapis asal Australia Lisa Westlake mengatakan, usia ini adalah usia di mana seseorang sedang sibuk-sibuknya berkarir. Ini menjadikan pekerjaan sebagai sesuatu yang utama.

“Ini berarti mereka mungkin sibuk di tempat kerja dan menghabiskan waktu berjam-jam di meja dengan postur yang buruk,” ujar Westlake.

Karena itu, latihan interval intensitas tinggi adalah pilihan yang baik bagi mereka yang kekurangan waktu dan banyak menghabiskan harinya di tempat duduk. Ini bisa meningkatkan pembakaran lemak, membangun ketahanan fisik, menurunkan gula darah, dan manfaat lain. Selain itu, di usia 40, banyak orang melaporkan masalah pada punggungnya. Atasi ini dengan pilates atau plank.

3 dari 5 halaman

3. Usia 50 dan 60-an

Apakah Olahraga Tai Chi Hanya Cocok Dilakukan oleh Orang Tua? (Ilustrasi iStockphoto)

Usia ini merupakan waktu di mana Anda lebih berisiko mengalami berbagai penyakit. Misalnya diabetes tipe 2 atau penyakit jantung. Julie Broderick dari Trinity College Dublin menyarankan Anda untuk berjalan cepat dan berdansa.

Selain itu, bagi mereka yang sudah lebih tua dan rentan jatuh, meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas dengan aktivitas seperti tai chi adalah sesuatu yang tepat.

4 dari 5 halaman

4. Usia 70 dan seterusnya

Lansia jalan kaki (iStockphoto)

Saat ini, yang terbaik harus dilakukan adalah menjaga tubuh untuk tetap bergerak. Bukan lagi soal jenis latihan yang baik dan benar. Bicarakan dengan dokter atau ahli yang bisa membantu Anda untuk merancang apa yang bisa dilakukan di usia tua.

“Anda perlu mengetahui keterbatasan tubuh untuk mengetahui apa yang harus dihindari,” kata personal trainer di Sydney, Wendi Carroll.

“Beberapa orang masih bisa berlari di usia 70-an, sedangkan yang lain perlu memodifikasi dengan bersepeda atau berjalan kaki.”

5 dari 5 halaman

Simak juga video menarik berikut ini: