Kebelet Ingin Pipis, Inikah Tanda Orgasme?

Liputan6.com, Jakarta Bercinta seringkali membuat beberapa wanita merasakan ingin pipis yang tak tertankan. Apakah ini salah satu reaksi dari orgasme, atau dampak terlalu banyak minum air sebelum bercinta?

Menurut Alyssa Dweck, M.D., seorang ginekolog di New York, ada beberapa kontribusi yang membuat wanita merasa ingin ke kamar mandi saat sedang bercinta.

Perasaan ini biasanya timbul karena posisi seks tertentu yang membuat kantung kemih tertekan saat penetrasi. Sehingga muncul perasaan ingin membuang air kecil.

Selain itu, ada penyebab lainnya seperti kekeringan vagina, serta kepekaan terhadap pelumas atau kondom, juga dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan di sekitar uretra, dan selanjutnya menyebabkan keinginan untuk buang air kecil, kata Dweck. Untuk mengetahui apa penyebab akarnya, Dweck merekomendasikan untuk menghilangkan potensi iritasi, kemudian memperkenalkannya satu per satu untuk melihat apakah ada perubahan atau tidak.

Otot-otot dasar panggul yang lemah mungkin juga menjadi penyebab di balik keinginan untuk pipisitu. Menurut National Institutes of Health, hampir seperempat wanita di Amerika Serikat dipengaruhi oleh gangguan dasar panggul, yang menyebabkan inkontinensia, ketidaknyamanan umum, dan kebutuhan untuk mengurangi aktivitas. 

Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Harus ke toilet atau memang tanda orgasme?

Ilustrasi seks – orgasme (iStockphoto)

Merasa perlu buang air kecil saat berhubungan seks juga bisa menunjukkan bahwa Anda akan orgasme. Sebelum Anda berhenti dan lari ke kamar kecil, pertimbangkan untuk menunggu sebentar—selama Anda tidak kesakitan.

Tentu saja, ada juga ejakulasi wanita. Penelitian menunjukkan 10 hingga 54 persen wanita mengalami ejakulasi wanita saat berhubungan seks, atau cairan yang mengalir atau jernih seperti air kencing.

Apakah itu benar-benar air kencing? Hingga saat ini hal tersebut masih menjadi perdebatan di kalangan ahli ginekolog.

“Beberapa merasa itu hanya urine, sementara yang lain mengatakan cairan itu memiliki susunan kimiawi yang berbeda,” kata Dweck, melansir womenshealthmag.

Itu benar: Beberapa ahli berpikir cairan itu berasal dari kelenjar Skene (kelenjar kecil di sekitar uretra), sementara yang lain mengatakan bahwa itu hanya urine. Yang lain mengatakan itu keduanya, menurut studi yang dimuat dalam Journal of Sex Medical.

Apa yang harus dilakukan jika merasa harus buang air kecil saat berhubungan seks?

Pertama-tama, pastikan Anda buang air kecil sebelum bercinta di lain waktu. Jika tidak, Anda dapat mencoba menahannya.

Namun jika Anda merasa yakin akan mendapatkan orgasme dengan kondisi tersebut, Anda dapat melakukan seks di kamar mandi untuk menutupi hal tersebut. Pasalnya beberapa wanita ada yang baru merasakan orgasme ketika ia buang air kecil, kondisi ini dikenal dengan istilah peegasm.

Yang patut dikhawatirkan adalah jika Anda selalu merasakan ingin pipis saat bercinta, ini menandakan Anda menderita ISK (infeksi saluran Kemih).