Ini Alasan Kamu Terus Ingin Tidur saat Turun Hujan Seharian

Liputan6.com, Jakarta Hujan yang mengguyur sebagian besar Jabodetabek dan beberapa wilayah Indonesia kemarin hingga hari ini membuat sebagian orang dilanda rasa malas. Malas keluar rumah dan beraktivitas. Bahkan saat sudah sampai di tempat aktivitas, rasanya hanya ingin tidur saja.

Rupanya ada alasan ilmiah mengapa kamu rasanya ingin tidur saat hujan melanda. Menurut Director of Behavioral Sleep Medicine at the Cleveland Clinic, Michelle Drerup, sedikitnya sinar matahari yang membuat sebagian orang merasa terus mengantuk dan ingin tidur saat hujan turun.

“Ketika terpapar sinar matahari, kelenjar pineal melepaskan sedikit melatonin, hal itulah yang membuat terjaga, Sementara, saat hujan hanya ada sedikit cahaya matahari, yang membuat hormon melatonin yang membuat mengantuk meningkat” kata Drerup.

Lalu, sinar matahari juga meningkatkan serotonin yakni hormon yang membuat bahagia. Itu sebabnya Anda cenderung lebih galau saat hujan turun seperti disampaikan Drerup seperti dilansir laman Elite Daily, Selasa (22/1/2019).

2 dari 2 halaman

Faktor lain

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Faktor lain yang menyebabkan Anda cenderung lebih mengantuk saat hujan turun seharian adalah kelembapan udara.

“Kelembapan yang tinggi bisa melelahkan tubuh karean secara fisik, tubuh berjuang agar menjaga tubuh dari dingin,” kata Drerup.

Namun, Anda tetap bisa kok bersemangat saat hujan melanda. Caranya dengan banyak bergerak.

“Peningkatan aktivitas fisik juga meningkatkan energi. Hal ini baik untuk tubuh dan pikiran,” ungkap Drerup.

Saksikan juga video menarik berikut