Batuk Berdahak Saat Pancaroba, Ini Kiat Ampuh Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Bulan Januari – Februari 2019 diprediksi menjadi musim hujan. Saat musim pancaroba, cuaca yang berubah akan mengubah tekanan udara, suhu, serta komposisi udara. Hal ini akan menciptakan kondisi yang sesuai untuk tempat berkembangnya kuman dan virus di sekitar kita dan membuat daya tahan tubuh menurun.

Ya, batuk merupakan penyakit yang paling sering terjadi saat musim pancaroba. Saat batuk, kita cenderung menjauh dari sekitar karena tidak nyaman dengan diri sendiri dan orang lain. 

Untuk itu, penting untuk menjaga kesehatan dan mengetahui cara cepat mengobati batuk agar kembali dekat dengan orang sekitar kita. Dikutip dari berbagai sumber, berikut langkah tepat untuk mengobati batuk saat Anda di rumah:

Minum air putih

Salah satu cara cepat agar mengobati batuk ialah dengan meminum air putih secara rutin. Hal itu mampu membantu mengencerkan dahak pada tenggorokan. Lebih baik, minum air putih secara hangat. Atau kamu bisa meminum air teh hangat. Kamu juga mencampurkanya dengan madu.

Konsumsi permen atau minuman hangat

Kini, sudah banyak permen pelega tenggorokan yang dapat menurunkan refleks batuk. Sedangkan teh hangat dengan madu dapat melegakan tenggorokan.

Mandi air hangat dan terapi air hangat

Kamu bisa mandi air hangat saat batuk melanda kamu. Selain itu, kamu bisa mencoba terapi air hangat yang dapat membantu mengencerkan saluran nafas terutama hidung.

Hindari iritan saluran nafas

Saat batuk, kamu perlu menghindari bahan kimia iritan. Bahan tersebut merupakan bahan yang karena reaksi kimia dapat menimbulkan kerusakan atau peradangan. Biasanya, iritan terdapat pada pengharum ruangan atau asap rokok.

Minum obat batuk

Obat batuk Bisolvon

Cara cepat dalam mengobati batuk ialah dengan meminum obat batuk yang tepat. Namun, jangan sampai sembarang minum obat tersebut. pilihlah obat batuk yang mengobati batuk dengan tepat sasaran yang biasa dikenal dengan OTC drugs. Jangan Batuk Berdahak Jauhkan Yang Dekat!

(Adv)