Alasan Orang Suka Melihat Jerawat Dipencet hingga Pecah

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan memencet jerawat hingga pecah memang terlihat menjijikkan. Namun di satu sisi, beberapa orang mendapatkan kepuasan ketika melihat hal itu dilakukan. Mengapa bisa begitu?

“Beberapa orang mungkin mendapatkan rasa kontrol dan kepuasan bahwa mereka ‘menyembuhkan’ diri mereka sendiri. Mereka membersihkan atau menyingkirkan apa yang seharusnya tidak menjadi bagian di tubuh mereka,” kata Abigail Cline M.D., Ph.D. dari Center for Dermatology Research di Wake Forest School of Medicine, Amerika Serikat.

“Orang lain mungkin menikmati aspek ekstraksi yang aneh dan merasakan sedikit daya tarik aneh ketika mereka melihat ledakan nanah,” kata Cline seperti dilansir dari Men’s Health pada Senin (21/1/2019).

Profesor sosiologi di Concordia University Canada, Marc LaFrance mengatakan, jerawat bisa membuat seseorang merasa frustrasi. Melihat orang lain memencetnya bisa membangun perasaan menyembuhkan.

“Ini memungkinkan pengalaman sesaat dan singkat untuk memiliki kendali atas fenomena yang tidak Anda lakukan dan Anda akan mengalami banyak masalah soal menyingkirkannya, di banyak kasus,” ujar LaFrance. 

Saksikan juga video menarik berikut ini: