6 Makanan untuk Pertahankan Kesehatan Vagina

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya dari luar saja, vagina juga butuh dirawat dari dalam. Makanan yang dikonsumsi oleh para perempuan juga mempengaruhi kesehatan organ intimnya.

Dikutip dari IOL pada Selasa (29/1/2019), makanan yang sehat mempengaruhi setiap organ vital dalam tubuh, termasuk vagina. Ini juga memberikan nutrisi yang tepat untuk menjaga tingkat pH seimbang yang secara tidak langsung meningkatkan kehidupan seks.

“Ini semua tentang organ kita,” kata ahli gizi dan nutrisi di Sydney, Lyndi Cohen mengatakan. Maka dari itu, ini beberapa makanan yang berguna bagi kesehatan vagina Anda.

1. Buah dan sayur

Cohen mengatakan bahwa ada tiga nutrisi yang harus diperhatikan. Mereka adalah vitamin A, E, dan C. Semua itu bisa ditemukan dalam buah dan sayuran yang cerah dan berwarna-warni.

Cohen menyarankan Anda untuk mengonsumsi wortel, jeruk, atau apapun yang tinggi vitamin A, serta makanan yang mampu menambah libido.

“Vitamin membantu sirkulasi, pelumasan, dan libido, meningkatkan kemampuan Anda untuk orgasme,” ujar Cohen. Beberapa makanan lain yang direkomendasikan antara lain: pisang, ubi, gandum, serta kembang kol.

“Makanan ini baik untuk perubahan suasana hati dan kita merasa lebih cenderung untuk berhubungan seks. Wanita sangat emosional sehingga makanan ini membantu memerangi emosi kita,” tambahnya.

Makanan seperti tomat yang mengandung likopen juga mencegah penyakit dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, serta meningkatkan sirkulasi dan membantu pria dan mencegah disfungsi ereksi, serta bagi wanita untuk mencapai klimaks saat bercinta.

2 dari 3 halaman

Makanan dan minuman yang sehat untuk vagina

Ilustrasi vagina (iStockphoto

2. Bawang putih

Cohen mengatakan, bawang putih merupakan bahan yang baik untuk ditambahkan dalam makanan. Ini karena benda tersebut menganung antioksidan yang membantu mencegah masalah terkait vagina.

3. Greek yogurt

“Alasan mengapa greek yogurt baik adalah karena dia mengandung probiotik yang bagus untuk meningkatkan kekebalan kita,” ujar Cohen. Hal ini juga membantu menjaga kesehatan vagina.

4. Ikan salmon

Cohen menjelaskan bahwa senyawa anti-inflamasi dan Omega-3 dalam salmon membantu mengurangi nyeri saat haid. Selain itu, ini juga mengurangi perasaan tegang sehingga Anda akan merasa lebih santai dan terhubung dengan pasangan.

5. Teh hijau

Teh hijau bisa mengurangi antioksidan yang bisa mengurangi peradangan kandung kemih. Cohen juga merekomendasikan Anda untuk memasukkan beberapa jenis minuman lain seperti kombucha atau susu fermentasi seperti kefir yang menurutnya, baik untuk vagina.

6. Air

“Memiliki cukup hidrasi, air adalah klasik sebagai kunci untuk membuang racun dalam tubuh kita.”

Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda dehidrasi adalah dengan melihat warna urin. Jika air seni berwarna kuning muda, ini adalah pertanda baik.

“Tapi jika warnanya kuning gelap dan Anda bisa menciumnya, ini pertanda Anda butuh lebih banyak minum.”

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini: