10 Tips Merapikan Rumah ala Marie Kondo

Liputan6.com, Jakarta Nama Marie Kondo menjadi perbincangan hangat warganet dunia di Januari 2019. Wanita Jepang ini terkenal setelah serial realitasnya yang berjudul Tidying Up with Marie Kondo tayang di Netflix.

Mengutip The Sun pada Senin (28/1/2019), Marie Kondo adalah seorang konsultan pengaturan rumah yang memiliki pendekatan unik. Dia telah menulis sebuah buku yang terkenal berjudul “The Life-Changing Magic of Tidying Up” dan terjual lebih dari delapan juta kopi di seluruh dunia.

Namun, seperti apa cara uniknya dalam membereskan rumah? Berikut ini beberapa tips dari Marie Kondo.

1. Buang hal-hal yang tidak Anda butuhkan sebelum membuat ruang penyimpanan

Kondo mengatakan, setiap orang harus tahu apa yang layak disimpan dan harus dibuang. Karena itu, Anda harus membereskan mereka semua terlebih dulu.

“Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan individu ketika merapikan adalah bahwa mereka menghabiskan begitu banyak upaya untuk menyimpan hal-hal yang mungkin tidak lagi mereka inginkan atau butuhkan,” kata Kondo. Dia menambahkan, sebelum Anda membuang sebuah barang, peganglah itu satu per satu dan tanyakan pada diri sendiri, apakah benda itu benar-benar dibutuhkan.

2 dari 5 halaman

Cara melipat pakaian

Tak sulit, ini tips Marie Kondo dalam merapikan rumah.

2. Lipat pakaian tidak bertumpuk-tumpuk

Salah satu cara unik yang disarankan Kondo untuk menyimpan pakaian adalah dengan tidak menumpuknya ke atas. Ini memungkinkan Anda untuk melihat apa yang ada di dalamnya sekilas dan mengambil barang yang diinginkan.

3. Simpan barang-barang yang memicu kebahagiaan

Kondo merekomendasikan agar para pembacanya hanya menyimpan barang yang membuat mereka bahagia. Caranya adalah dengan menyentuhnya satu per satu. Jika Anda merasa bahagia saat memegangnya, simpan benda tersebut.

4. Pastikan semua barang memiliki tempat tersendiri

Seringkali, orang-orang bingung ketika harus mencari barang yang mereka butuhkan. Karena itu, Kondo meminta agar orang-orang untuk memberikan tempat khusus untuk satu barang tertentu. Misalnya seperti tempat piring atau rak perhiasan yang Anda ketahui pasti di mana tempat itu disimpan.

3 dari 5 halaman

Menyimpan barang

Tak sulit, ini tips Marie Kondo dalam merapikan rumah.

5. Simpan barang berdasarkan kategori

Dalam bukunya, Marie merekomendasikan agar Anda memberikan masing-masing barang tempatnya sendiri. Misalnya di dalam lemari pakaian, kategorikan barang seperti baju atau celana di tempatnya sendiri.

6. Mengatur dapur agar mudah dibersihkan

Marie mengatakan, dapur seharusnya mudah untuk dibersihkan. Bukan soal mudah dalam penggunaannya. Dia menyarankan agar Anda meletakkan sesedikit mungkin benda di sekitar bak cuci.

“Ini mungkin terasa berlawanan dengan intuisi, tapi ketika area itu bebas barang, memasak menjadi lebih sederhana (keluarkan apa yang Anda butuhkan, bersihkan, dan simpan ketika sudah selesai, cepatlah untuk membersihkan segala kekacauan) dan pembersihan menjadi lebih mudah.”

4 dari 5 halaman

Isi ruangan

Ingin tahu rahasia kamar tidur setiap wanita bergaya? Simak di sini. (iStockphoto)

7. Mengisi ruang dengan sedikit kesenangan

Marie mengatakan, mendekorasi ruangan dengan sesuatu yang membuat bahagia memicu perasaan lebih santai, produktif, dan kreatif. Dia merekomendasikan seseorang untuk mengisi ruangan dengan benda-benda yang sifatnya personal serta cocok dilihat di Instagram.

8. Singkirkan dokumen yang tidak perlu

Marie mengatakan, buang semua kwitansi, tagihan, atau surat-surat usang yang telah disimpan bertahun-tahn. Dia merekomendasikan Anda untuk menyimpannya secara daring.

9. Bawalah uang receh

Seringkali, orang menyimpan uang receh di sembarang tempat. Namun, Kondo melihat hal itu sebagai salah satu pemicu rumah terlihat berantakan. Maka, dia merekomendasikan Anda untuk membawanya di dompet ketimbang menyimpannya sembarangan.

10. Ambil foto sebelum dan sesudah

Setelah membereskan rumah, Anda bisa mengambil foto perbandingan sebelum dan sesudah ruangan dibersihkan. Kondo mengatakan, hal ini bisa memicu rasa pencapaian yang luar biasa.

5 dari 5 halaman

Simak juga video menarik berikut ini: