10 Kebiasaan Sehat yang Bisa Turunkan Berat Badan, Sederhana Tapi Sering Diabaikan

Liputan6.com, Jakarta Apa yang Anda lakukan saat menyadari bahwa berat badan Anda bertambah? Salah satu jalannya mungkin dengan diet. Banyak metode diet yang dapat ditemui di majalah, tv, atau artikel-artikel kesehatan. 

Beberapa selebriti dunia juga mengklaim telah berhasil melakoni metode-metode diet tersebut. Namun jika tidak dilakukan dengan benar, diet malah bisa menimbulkan masalah bagi tubuh anda.

Sebenarnya ada banyak kebiasaan sehat menurunkan berat badan. Tak perlu repot harus diet ketat, kebiasaan sehat ini jauh lebih baik dibanding diet. Dengan menerapkan kebiasaan sehat ini, berat badan ideal bukan hal yang mustahil lagi.

Kebiasaan sehat yang dimaksud adalah aktivitas sederhana yang dapat dilakukan sehari-hari. Intinya ada pada pola hidup sehat yang patut untuk dicoba.

Berikut Liputan6.com rangkum Selasa (29/1/19) dari berbagai sumber, 10 kebiasaan sehat menurunkan berat badan untuk anda yang sedang dalam program mengurangi berat badan.

2 dari 6 halaman

Berjalan dan Pola Tidur

Ilustrasi jalan kaki olahraga untuk orang dengan nyeri lutut (iStock)

Berjalan 10.000 langkah setiap hari

Cobalah berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari. Dengan berjalan kaki, kalori pada tubuh anda akan terbakar. Aplikasi pada ponsel pintar anda dapat membantu memantau berapa banyak langkah yang anda tempuh setiap harinya.

Cobalah berjalan-jalan setelah makan malam untuk memperlancar proses pencernaan. Pilih untuk berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja alih-alih menggunakan kendaraan bermotor.

Tidur 8 jam setiap hari

Tidur yang cukup adalah segalanya bagi anda yang ingin hidup sehat. Jika anda mendapati jam tidur anda kurang dari jam tidur normal, berbagai masalah kesehatan akan menghantui anda seperti kelebihan berat badan atau pusing pada kepala.

3 dari 6 halaman

Minum Air Putih dan Pilih Makanan Dikukus

Ilustrasi air putih. (pexels.com/CC0 License).

Minum Cukup Air Putih

Pastikan tubuh anda terhidrasi secara optimal. Tak perlu 8 gelas perhari, minumlah air putih sebanyak yang Anda bisa. Anda juga dapat menambahkan buah-buahan seperti lemon, stroberi, atau timun sebagai infused water.

Air putih dapat menetralisir racun dalam tubuh. Jauhi minuman bersoda dan berkadar gula tinggi. Kebiasaan sehat yang sederhana bukan?

Pilihlah makanan yang dikukus

Selalu pilih makanan yang dikukus atau dipanggang daripada makanan yang digoreng. Menikmati kentang goreng tak masalah jika sesekali. Namun makanan yang dikukus atau dipanggang adalah pilihan yang lebih sehat untuk kesehatan tubuh dan kulit Anda.

Selain itu kolestreol anda akan terjaga dengan mengonsumsi makanan ini. Kentang yang dipanggang juga tak kalah enak dari kentang goreng favorit anda. Cobalah masukan menu kukusan dalam daftar makanan favorit anda.

4 dari 6 halaman

Kontrol Porsi Makan dan Masak di Rumah

Ilustrasi masak di rumah (Sumber: Pixabay)

Jika anda mengonsumsi makanan yang sangat anda sukai, anda pasti akan sulit mengendalikan porsinya. Cobalah untuk mengatur porsi makan anda dengan porsi makan yang wajar sekalipun itu adalah makanan kesukaan anda. Dengan begitu lingkar pinggang anda tak mungkin bertambah.

Masak di Rumah

Pilihlah untuk memasak dan makan di rumah ketimbang makan di restoran. Selain menghemat pengeluaran, makan dan memasak di rumah juga akan membawa anda pada pola hidup sehat.

Anda tidak pernah tahu kandungan apa saja yang ada pada makanan yang anda makan di restoran.

Saat memasak di rumah, Anda tahu persis apa yang masuk ke dalam makanan Anda, dan anda juga mengetahui langsung bagaimana makanan itu dimasak.

Dengan masak sendiri dirumah, anda dapat mengontrol jumlah kalori dan nutrisi pada makanan anda. Lebih sehat bukan?

5 dari 6 halaman

Konsumsi Bahan Organik dan Kuasai Volume-eating

Konsumsi Bahan Organik

Konsumsilah bahan makanan organik sebisa mungkin. Tak perlu membeli bahan makanan organik yang mahal. Anda dapat menanamnya sendiri dihalaman rumah anda. Telah banyak teknologi menananam sayuran organic yang dapat  ditemui saat ini. Dengan begitu bahan makanan anda akan bebas dari bahan kimia berbahaya.

Kuasai Volume-eating

Volume-eating dapat diartikan sebagai kualitas makan yang baik. Seperti memilih makan sayur dan buah berserat dibanding makan banyak karbohidrat. Volume eating adalah dimana anda dapat memuaskan perut anda tanpa makan makanan berlebihan. Misal semangkuk salad dengan dressing yang lezat lebih mengenyangkan dibanding beberapa slice pizza.

6 dari 6 halaman

Singkirkan lemak Jenuh dan Jauhi Gadget

Singkirkan lemak Jenuh!

Ganti lemak jenuh yang biasa anda konsumsi dengan lemak tak jenuh yang lebih menyehatkan. Anda dapat menyingkirkan keripik kentang dilemari dan ganti dengan makanan yang mengandung omega 3 seperti alpukat, salmon, atau kacang-kacangan.

Jauhi TV dan Gadget Saat makan

Hindari Menonton TV atau bermain Gadget saat makan. Dengan mematikan TV atau gadget pada saat makan, otak anda akan menyadari kapan anda akan kenyang. Sebaliknya, jika anda makan sambil nonton TV atau main gadget otak anda tidak akan mengenali rasa kenyang yang ada. Akibatnya anda akan makan dengan porsi berlebih.